Senin, 18 Juni 2012

Memasang Scrolling Pada Widget

      Memasang Scrolling Pada Widget - Mungkin banyak dari para blogger yang sudah tidak asing lagi dengan scroll pada blog. Nah, pada kesempatan kali ini Maen Blogging ingin berbagi bagaimana cara memasang scroll pada widget. Tujuannya tidak lain agar widget yang ada di blog kita bisa tersusun dengan rapi terutama pada widget yang memiliki ukuran yang panjang dan lebar, seperti arsip blog, daftar isi, dll. Sehingga penempatannya bisa lebih menghemat tempat di blog anda.
      Seperti biasa, MaenBlogging akan coba menguraikan dengan detail agar para blogger bisa lebih paham lagi dengan kode HTML, jadi bukan hanya untuk copy paste saja, namun juga sekalian untuk belajar. 
     Sebagai contoh, kita akan coba memasang scroll pada widget Blog Archive. Berikut langkah-langkahnya
  • Pastikan anda sudah memasang Blog Archive pada blog anda, jika belum masuklah ke Tata letak - Tambah Gadget - Arsip Blog/Blog Archive
  • Selanjutnya masuklah ke halaman Template - Edit HTML
  • Jangan lupa centang expand template widget 
  • Cari kode/id BlogArchive1 untuk memastikan widget ini ada di blog anda, caranya bisa menggunakan mode pencarian dengan Ctrl+F atau F3 dan ketikkan BlogArchive1. Ingat, anda harus menemukannya.
  • Jika sudah anda temukan, berikutnya anda cari kode ]]></b:skin> lalu letakkan script berikut berikut di atasnya
#BlogArchive1 .widget-content{
height:250px;
width:auto;
overflow:auto;
}
  • Untuk height bisa anda ubah sesuai keinginan anda
  • Simpan dan Lihat hasilnya
Catatan Penting dari MaenBlogging:
- Anda bisa menerapkan ini pada widget/element manapun dalam blog anda, intinya anda harus tahu id dari widget tersebut, seperti contoh Arsip blog di atas yang memiliki id BlogArchive1.
- Lalu bagaimana dengan id dari widget/element yang lain? Anda bisa mencarinya di template dengan menggunakan fasilitas pencarian Ctrl+F. Maka dari itu, saran dari saya sebaiknya anda memberi judul pada widget/element anda untuk mempermudah pencarian. Misalnya anda memasang daftar isi di blog, maka pada kolom judul anda isi dengan "Daftar Isi", dengan begitu anda bisa lebih mudah menemukannya di template (dengan mode pencarian Ctrl+F). Jika anda sudah menemukannya maka anda akan mendapati id dari widget tersebut tepat disampingnya (misal, id="HTML8")
- atau dengan cara yang lebih sederhana, yaitu dengan masuk ke Tata letak, lalu untuk mengetahui Id dari element nya, anda cukup klik kanan pada tulisan edit yang ada pada bagian sampingnya, lalu pilih "salin lokasi tautan" dan paste kan pada notepad. Sekarang anda bisa melihat Id dari element tersebut.


Budayakan Untuk Meninggalkan Komentar Meskipun Hanya 1 Huruf


0 komentar:

Posting Komentar