Kamis, 21 Juni 2012

Apa Itu SEO?

     Apa itu SEO? Bagi para blogger, nampaknya istilah SEO tidak lagi asing di telinga. Hampir setiap kita berkunjung ke sebuah blog, kita pasti akan menemui istilah ini. Namun apa SEO itu sendiri? Pada kesempatan kali ini Maen Blogging ingin sedikit membahas mengenai SEO, mulai dari definisi dan jenis-jenisnya.
       
       SEO sendiri merupakan kependekan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia optimasi mesin pencari. Maka bisa didefinisikan bahwa SEO adalah teknik meningkatkan performa sebuah situs (termasuk di dalamnya sebuah Blog) agar memiliki peringkat yang tinggi pada halaman hasil dari sebuah search engine atau mesin pencari, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan traffic atau kunjungan ke situs tersebut.
     Seperti yang kita ketahui, salah satu indiksi kesuksesan sebuah blog adalah traffic atau lalu lintas kunjungan. Sebuah situs yang gemar dikunjungi akan meningkatkan traffic dari situs tersebut, dan situs yang memiliki traffic yang tinggi otomatis akan memiliki pagerank yang tinggi juga. Salah satu meningkatkan traffic adalah melalui fasilitas search engine. Biasanya dalam menggunakan sebuah search engine, seorang pengunjung akan menggunakan sebuah keyword atau kata kunci untuk menemukan apa yang ingin mereka cari. Disinilah teknik SEO digunakan, agar bagaimana situs kita mampu menempati urutan teratas dari hasil pencarian sebuah search engine. Karena bagaimanapun, pengunjung akan cenderung memilih hasil teratas atau paling tidak 2 halaman terdepan/teratas dari SERP (Search Engine Result Page). Ya atau ya..?
      Di dalam prakteknya, ada dua jenis teknik SEO, yaitu :
  1. White hat SEO
    adalah merupakan teknik SEO dengan benar-benar berpegang pada teknik dan aturan yang ada. Misalnya, artikel yang diposting adalah original milik kita dan tidak hanya sekedar copy paste dari situs lain (Seperti postingan saya ini, adalah artikel yang saya buat sendiri dengan mencari referensi dari beberapa situs), mendapatkan backlink dengan sering blogwalking ke blog2 tetangga, dll. Dengan kata lain white hat SEO adalah cara jujur untuk meningkatkan traffic sebuah situs. Cara seperti ini nantinya dapat membuat pengunjung akan berkunjung lagi ke situs/blog kita karena memang ketertarikannya dengan konten yang ada pada situs kita, maka dari itu perlu diperhatikan aspek-aspek sebuah situs yang SEO friendly
  2. Black hat SEO
    adalah merupakan teknik SEO untuk meningkatkan traffic sebuah situs dengan menggunakan cara-cara yang tidak dilegalkan oleh search engine. Misalnya, keyword stuffing, menggunakan script-script tertentu untuk meningkatkan traffic, menyembunyikan tulisan dan link, spamming dll. Dengan kata lain, traffic yang didapat bukanlah murni karena kunjungan namun dengan menggunakan cara-cara yang ilegal.


Posted in:

0 komentar:

Posting Komentar